Belajar Dari Teko

Pagi ini aku tiba-tiba mendapat pelajaran yang amat sangat berharga, pelajaran yang ku dapat bukan dari manusia atau makhluk hidup lainnya, bukan pula pelajaran yang kudapat dari sekolah atau tempat kursus, melainkan dari sebuah benda mati, yaitu teko atau tempat penyimpanan air.

Seperti biasa ketika bangun dipagi hari, aku selalu minum air putih terlebih dahulu sebelum aku ke air untuk wudhu, dan setelah cukup siang aku selalu memasak air untuk menyeduh kopi yang biasa menemani ku bersama buku-buku ku dipagi hari.

Saat aku melihat air yang ku tuangkan ke gelas, tiba-tiba saja aku berfikir kalau teko itu diisi air bening tanpa dicampur dengan teh dan yang lainnya maka dapat dipastikan warna air yang berada diteko itu tetap bening ketika dituangkan kedalam gelas. Tapi kalau dicampur teh atau dicampur dengan yang lainnya pastikan air yang diteko itu bakal berubah warna mengikuti apa yang dicampurkan.

Lalu aku coba interpretasikan teori tadi terhadap manusia, kalau manusia selalu berucap baik maka dapat kemungkinan besar hatinya pun baik, kalau yang diucapkan buruk maka kemungkinan besar hatinya pun buruk. Disamakan dengan teori teko yang tadi, kalau teko diisi air bening tanpa campuran maka pasti airnya tetap bening, kalau air bening yang dimasukkan ke dalam teko dicampur dengan yang lain maka warna air dalam diteko tadi akan ikut berubah. (kesampingkan teori kemunafikan, dalam teori ini kita anggap saja semua orang itu tak ada yang munafik atau bermuka dua).

Kalau kalian bertanya apakah aku adalah orang baik? Maka aku akan menjawab dengan tegas bahwa aku adalah orang baik, tapi kalau disandingkan dengan teori teko tadi, maka aku masih belum tergolong orang yang baik.

Terimakasih teko atas pelajarannya yang amat sangat berharga dipagi ini, dan aku akan berusaha menjadi orang baik walau sulit, tapi bukan berarti itu tak mungkin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s